Jumat, 06 November 2015

Asuransi, Cara Bijak Menyikapi Risiko



Asuransi adalah perencanaan keuangan untuk menyikapi dampak risiko di masa depan. Dengan menyisihkan sejumlah uang dalam bentuk pembayaran premi, manfaat uang pertanggungan dapat dinikmati kelak saat sudah jatuh tempo atau memang benar-benar terjadi risiko. Namun, besarnya manfaat asuransi juga harus mempertimbangkan kondisi finansial yang dimiliki di saat sekarang.

Beberapa pakar perencanaan keuangan menyebutkan bahwa anggaran yang ideal untuk membayar premi dari semua jenis asuransi yang dimiliki adalah sekitar 5 hingga 10 persen dari penghasilan bulanan. Untuk itulah, kita harus bijak dalam memilih asuransi apa saja yang perlu dimiliki dan sesuai dengan kemampuan finansial yang ada.

Beberapa asuransi yang layak diprioritaskan diantaranya yaitu yang pertama asuransi jiwa. Melalui program asuransi jiwa, akan memberikan proteksi terhadap risiko kematian yang membayangi setiap manusia. Agar manfaatnya maksimal, pilihan asuransi jiwa murni lebih baik dibanding asuransi investasi. Sebab saat ini begitu banyak asuransi jiwa yang di-bundling dengan paket investasi sehingga memiliki manfaat ganda. Adapun asuransi jiwa murni yang bisa dibeli adalah term life atau asuransi jiwa berjangka. Jenis asuransi jiwa semacam ini mempunyai nilai premi lebih ringan dengan jumlah uang pertanggungan lebih tinggi dibanding jenis lainnya.

Jenis kedua yaitu asuransi kesehatan. Saat ini, pemerintah sudah mencanangkan program asuransi kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Kelebihannya adalah premi yang sangat ringan, dengan pertanggungan yang cukup untuk perawatan dasar. Namun bila menginginkan layanan lebih, Anda bisa mengambil asuransi kesehatan dari perusahaan lain. Seperti misalnya, asuransi kesehatan Commlife terbaik dalam hal memberikan service pada nasabahnya, sehingga patut dipertimbangkan untuk menjadi asuransi pendamping.

Yang ketiga, asuransi properti. Pilihan terbaik untuk melindungi properti adalah melalui asuransi properti all risk. Jenis ini akan memberikan banyak perlindungan, mulai dari risiko kebakaran, bencana alam, hingga perampokan. Dan yang keempat yaitu asuransi kendaraan bermotor. Untuk jenis ini, pilih juga asuransi kendaraan bermotor all risk, agar bisa meng-cover segala risiko yang terjadi pada kendaraan Anda.

0 komentar

Posting Komentar