Rabu, 18 November 2015

Cara Ampuh Atasi Flu Pada Ibu Hamil

Virus influenza atau flu tampaknya sudah menjadi penyakit langganan siapa saja, tak terkecuali ibu hamil. Virus flu biasanya akan menyerang seseorang ketika antibodinya melemah. Barulah, virus ini mampu menembus pertahanan dan memperbanyak diri di dalam tubuh.



Flu termasuk kategori infeksi saluran pernapasan yang juga sering disebut penyakit 'musiman'. Artinya, sakit flu menyerang saat terjadi pergantian musim atau perubahan cuaca yang drastis. Di saat itulah, tubuh tidak mampu mengikuti perubahan ekstrem dan suhu lingkungan. Akibatnya tubuh pun melemah, sehingga virus flu akan dengan mudah menyerang ke dalam tubuh.
Selain disebabkan perubahan cuaca dan musim, sebenarnya ada faktor lain yang lebih berpotensi seseorang terserang flu dengan mudah. Penularan melalui kontak dengan orang yang terkena flu, itu lebih membahayakan.

Lalu, apa yang harus dilakukan kalau ibu hamil terserang flu? Bolehkah meminum obat-obatan saat ibu hamil terkena flu? Umumnya, obat flu yang dijual di pasaran mengandung beberapa macam obat penghilang gejala, seperti anti demam, anti nyeri, anti histamin, dan dekongestan (berfungsi menghilangkan sumbatan), anti batuk, pengencer dahak, dll.

Padahal mungkin saja, Anda mengalami pilek tanpa disertai flu atau tidak merasakan pusing dan semacamnya. Belum lagi obat-obatan tersebut apakah aman dikonsumsi atau tidak.
Nah daripada Anda ragu menentukan obat apa yang sebaiknya Anda konsumsi untuk meredakan flu, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter di rumah sakit Jakarta Barat. Selain mengonsumsi obat yang disarankan dokter untuk meredakan flu, Anda juga harus beristirahat total dan melakukan hal-hal berikut ini:

Minum air putih hangat yang cukup
Air putih hangat bisa membantu menghilangkan kuman yang ada di tenggorokan. Juga membantu mengganti cairan tubuh yang hilang akibat ingus dan keringat yang keluar dari tubuh. Pastikan Anda minum minimal 8 gelas setiap harinya.

Mengonsumsi madu
Kandungan dalam madu ini bisa membantu melegakan tenggorokan dan membuat tubuh menjadi lebih bugar kembali. Konsumsilah madu dicampur dengan sedikit air hangat setiap malam sebelum tidur agar flu cepat mereda.

Terapi uap
Mengatasi flu secara alami lainnya, yaitu dengan terapi uap. Siapkan uap air hangat atau bisa juga dicampur rempah-rempah sebagai aromaterapi. Lakukan terapi uap air ini setiap pagi hari. Uap air membantu mengencerkan ingus yang ada dalam hidung juga tenggorokan.

Makan buah kaya vitamin C
Buah yang kaya dengan vitamin C, sangat bermanfaat untuk memperbaiki sistem imun dalam tubuh. Dengan sistem imun yang baik, tentu saja bisa membantu menyembuhkan flu berat dan tubuh kuat melawan serangan virus flu baru yang merupakan bibit-bibit baru munculnya flu dalam tubuh.

0 komentar

Posting Komentar