Sabtu, 05 Desember 2015

Senar Biola dan Ukuran dari Biola

Biola merupakan alat musik yang tidak kalah populer dengan piano dan bahkan sudah banyak pemain biola yang sudah menjadi terkenal di televisi sekarang ini sehingga semakin mempopulerkan alat musik biola ini. Alat musik berdawai ini juga memiliki keunikan tersendiri serta bagian-bagian yang saling berhubungan untuk menciptakan nada-nada yang indah. Salah satu bagian dari biola adalah senar dan kita akan membahas mengenai bagian biola yang satu ini. Nantinya kita juga akan melihat beberapa macam ukuran dari biola.

Belajar Tentang Senar Biola
Senar biola pada awalnya terbuat dari usus domba. Usus domba biasanya akan direntangkan terlebih dahulu dan kemudian akan direntangkan dan kemudian dipelintir. Seiring dengan berjalannya waktu, ditemukan bahwa senar yang terbuat dari usus domba ini bisa dicampurkan dengan bahan logam sehingga senar biola akanmenjadi lebih kuat dan juga menjadi lebih seimbang. Logam juga membuat senar biola ini menjadi lebih padat sehingga memungkinkan untuk disetel dengan menggunakan tekanan yang lebih besar yang berakibat dengan bertambah besarnya volume yang dihasilkan dari gesekan senar dan alat gesek biola. Meskipun sekarang ini sudah banyak dijual senar yang terbuat dari bahan sintetis atau buatan namun senar sintetis ini tidak mampu mengalahkan bunyi yang dihasilkan oleh senar usus sebab senar usus biasanya mengeluarkan suara seperti nyanyian dan juga hangat. Selain senar usus dan senar sintetis, ada juga senar yang terbuat dari baja seperti baja untingan dan juga baja padat.

Mengenal Ukuran dari Alat Musik Biola
Biola memiliki bebrapa ukuran yang berbeda karena jika tidak pastinya akan sulit bagi anak-anak belajar bermain alat musik biola jika ukuran biolanya sama dengan ukuran biola yang digunakan oleh orang dewasa. Ukuran biola antara lain 1/32, 1/16, 1/10, 1/8, 1/4, 2/4 (1/2), ¾, serta 4/4. Biasanya anak kecil akan memulai dengan menggunakan biola berukuran 1/16 atau yang terkecil dan orang dewasa akan menggunakan ukuran 4/4 yang merupakan ukuran terbesar. Namun jika ukuran 1/16 masih terlalu besar untuk anak anda maka anda bisa memilih biola dengan ukuran 1/32.
Info musik lainnya :


0 komentar

Posting Komentar