Selasa, 02 Februari 2016

Asuransi Kesehatan BPJS yang Perlu Anda Ketahui


Siapa yang tidak tahu tentang BPJS kesehatan? BPJS kesehatan adalah asuransi kesehatan yang dinaungi oleh pemerintah. BPJS kesehatan merupakan salah satu program turunan dari BPJS yang  merupakan asuransi yang diperuntukan kepada PNS dan masyarakat yang ada di Indonesia. BPJS ini dahulunya bernama Jamsostek yang merupakan salah satu program pemerintah Jaminan Kesehatan Nasionall (JKN). BPJS kesehatan ini diresmikan tanggal 31 Desember 2013 dan mulai beroperasi pada tanggal 1 Januari 2014.


BPJS ini mempunyai dasar hukum yaitu UU NO 24 Tahun 2011 mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan UU NO 40 Tahun 2004 mengenai Sistem Jaminan Sosial Nsional, pasal 5 ayat 1 dan pasal 52. Peserta wajib BPJS kesehatan adalah setiap warga negara Indonesia dan warga negara asing yang berdiam di Indonesia minimal enam bulan selain itu juga perusahaan yang mempekerjakaan karyawan diwajibkan mendaftarkan karyawannya seagai anggota dari BPJS kesehatan.

Manfaat BPJS kesehatan meliputi pejaminan pelayanan kesehatan tingkat pertama dan pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan dan pembiayaan rawat inap. Kelebihan yang anda akan dapatkan dengan menggunakan BPJS ini yaitu membayar premi yang murah sesuai dengan kelasnya, memberi jaminan seumur hidup, tanpa biaya medical check up, bisa diikuti oleh semua oang bahkan bayi yang masih dlam kandungan, selain itu asuransi kesehatan ini juga mudah membayarnya dimana saja di seluruh kantor pos di Indonesia.

0 komentar

Posting Komentar