Senin, 11 April 2016

Beragam Upaya Melestarikan Batik Indonesia



Batik telah resmi diakui dunia sebagai salah satu warisan seni budaya asli Indonesia. Oleh sebba itu, karya bernilai seni tinggi ini wajib dijaga kelestariannya agar batik Indonesia tidak punah, apalagi diklaim oleh negara lain. Menjadi kewajiban generasi penerus bangsa agar batik tetap lestari meski dihadang oleh ganasnya perubahan di era globalisasi seperti saat ini.

Kenyataan saat ini, hasil kerajinan yang berupa batik ini banyak sekali peminatnya. Tak hanya oleh orang Indonesia saja, melainkan banyak pula masyarakat manca negara atau wisatawan asing yang kagum dan menyukai pakaian batik Indonesia terbaik. Padahal bila diamati, di masa lalu batik selalu identik dengan kesakralan, kurang update dan kesan kuno dari motif batik. Hampir semua orang, apalagi di kalanan anak muda merasa tidak bangga dengan batik,  hingga seakan-akan lupa bahwa mereka memiliki suatu hasil karya budaya yaitu batik yang begitu istimewa yang harus dijaga kelestariannya.

Kini sungguh berbeda. Para generasi bangsa yang dulunya malu bila menggunakan pakaian bermotif batik, telah berbalik menjadi bangga setelah ada negara lain yang hendak mengklaim batik atau mengakuinya sebagai budaya negara tersebut. Hal ini seolah menjadi tantangan yang membangkitkan rasa nasionalisme mereka. Namun sebaiknya, tak perlu menunggu terjadi demikian, bukan? Sudah selayaknya generasi penerus bangsa sadar akan kekayaan budaya yang dimiliki bangsa ini, sekaligus bergerak bersama untuk turut melestarikannya. Cara termudah adalah dengan menumbuhkan rasa bangga untuk mengenakannya di berbagai kesempatan. Dan pastinya, agar tidak terkesan ketinggalan jaman, perlu kreativitas dan inovasi yang dikembangkan agar batik Indonesia tetap langgeng hingga akhir jaman.

0 komentar

Posting Komentar