Selasa, 26 April 2016

Cara Memakai Kain Batik Rok Lilit Modern



Kain batik merupakan salah satu ciri khas budaya bangsa Indonesia yang kaya akan motif dan corak. Apalagi kini banyak usaha-usaha kecil hingga besar yang memproduksi beragam jenis model pakaian berbahan kain batik.  Termasuk diantaranya yang sedang populer saat ini, yaitu rok lilit.

Pakaian wanita yang dikenakan di bagian bawah ini memiliki banyak variasi, dan rok lilit merupakan trend baru memakai rok dengan cara modern. Pemakaiannya terbilang mudah, bahkan hanya dengan bahan kain batik tanpa dijahit sekalipun. Cukup dililitkan pada pinggang, para wanita sudah bisa bergaya dengan paduan atasan kebaya atau baju batik lainnya.
Baca juga : Cara membuat batik tulis

Ada beberapa cara memakai kain batik yang berupa rok lilit modern ini.

Cara Memakai Kain Batik Rok Lilit Sederhana
Masukkan ujung kain pada kepala sabuk yang berlubang (bentuk aksesoris bervariasi) lalu letakkan di tengah perut (sekitar pusar). Kemudian tarik kain di bagian kiri sampai terasa cukup kencang. Selanjutnya ikat kedua ujung kain sekali saja (agar tak ada benjolan), dan selebihnya sisa kain bisa dililitkan.

Cara Memakai Kain Batik Rok Lilit Galembong
Lilit galembong merupakan cara melilit kain batik khas suku Madura. Caranya mudah, pertama-tama ikatlah ujung kain di belakang pinggang lalu biarkan ujung lainnya tergerai di depan. Selanjutnya, ambil ujung kain yang tergerai di depan kemudian masukkan melalui sela-sela kaki ke arah belakang. Terakhir, tarik kain hingga mencapai pinggang lalu ikat kedua ujung kain.

Sebenarnya tak hanya kain batik saja, rok lilit juga bisa menggunakan berbagai jenis kain lainnya seperti kain tenun atau kain jarit. Rok jenis ini juga cocok dipadankan dengan beragam atasan seperti kebaya, kemeja, bahkan kaos polos. Maka, Anda pun akan mendapatkan beragam gaya hanya dengan menggunakan satu kain saja.

0 komentar

Posting Komentar