Kamis, 21 April 2016

Kesan Wibawa Pada Busana Batik Indonesia



Batik merupakan salah satu jenis karya budaya asli Indonesia yang sudah diakui oleh dunia. Kebanyakan batik dikenal dalam wujud busana atau pakaian, meskipun corak batik juga digunakan dalam berbagai bentuk barang, seperti kerajinan, aksesoris hingga hiasan ornamen pada bangunan.  Dan kini, corak dan motif batik Indonesia telah memberi inspirasi bagi para desainer dunia untuk digunakan dalam karya-karyanya.

Pengertian batik itu sendiri sebenarnya adalah kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan cara menuliskan atau menerakan malam pada kain dengan pengolahan yang diproses secara khas. Memang, kain batik pada awalnya adalah yang dilukis secara manual, yang lebih banyak dikenal sebagai batik tulis. Namun seiring perkembangan jaman, batik sudah banyak diproduksi dalam skala besar dengan teknik batik cap dan batik printing .

Untuk baju batik sendiri, kini juga memiliki banyak sekali model. Dan kian hari, batik menjadi makin populer bahkan dapat dikatakan telah menjadi identitas nasional. Pada hari-hari tertentu, para karyawan baik swasta maupun pemerintah juga telah mengenakan baju batik, sesuai dengan kebijakan masing-masing instansi. Hal ini merupakan wujud rasa peduli, rasa memiliki, hingga merasa bangga saat mengenakan batik dalam segala aktivitasnya. 

Apalagi, batik Indonesia juga memberikan kesan wibawa dan terlihat sopan bagi para penggunanya, dibanding saat menggunakan kaos atau kemeja biasa. Tentu ini bisa dipahami, sebab sebagai hasil karya seni budaya yang dibuat dan telah berakar sejak jaman nenek moyang dahulu kala, batik memiliki nilai dan makna filosofi yang tinggi. Sehingga dengan mengenakan baju batik, sama artinya memberi penghargaan bagi diri pribadi maupun batik itu sendiri.

0 komentar

Posting Komentar