Selasa, 26 April 2016

Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak Untuk Masa Depan


Setiap orang tua normal pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Termasuk diantaranya memastikan mereka untuk masuk ke perguruan tinggi berkualitas, dengan harapan memberi bekal dalam hidup dan karir mereka ke depannya. Namun, biaya pendidikan di tingkat perguruan tinggi saat ini tidaklah murah. Dan kebanyakan tentu tak ingin membiayainya dengan cara berhutang.

Untuk itulah perlu dipikirkan cara yang tepat dalam mempersiapkan tabungan pendidikan anak untuk masa depan. Dan berikut beberapa tips agar di masa depan orang tua terhindar dari masalah dana pendidikan tersebut :

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan meninjau persediaan dana yang Anda miliki, baik berupa tabungan, polis asuransi, reksadana dan jenis investasi lainnya. Proyeksikan pula jumlahnya kelak ketika anak sudah saatnya harus masuk ke perguruan tinggi.

Langkah kedua, hitung estimasi kebutuhan dana pendidikan anak. Perhitungan dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti laju pengembalian investasi, nilai inflasi dan kenaikan dana pendidikan.

Langkah ketiga, bandingkan antara persediaan dana dan estimasi kebutuhan dana. Apabila ternyata ada selisih kurang atau kebutuhan lebih besar dibanding persediaan, saat itulah Anda memerlukan langkah berikutnya, yaitu membuat memilih instrumen lain agar kebutuhan dana pendidikan anak tercukupi.

Alternatif utama yang bisa dipilih kemudian adalah asuransi pendidikan. Dengan manfaat investasi yang dimilikinya, asuransi pendidikan terbaik mampu menghasilkan dana pendidikan sesuai kebutuhan masa depan. Selain itu, manfaat proteksinya juga akan memberi kebebasan pembayaran premi apabila terjadi risiko jiwa pada orang tua. Di sinilah jaminan perlindungan masa depan terlihat sangat jelas, sehingga untuk memenuhi kebutuhan proteksi masa depan anak, pastikan memilih asuransi pendidikan.

0 komentar

Posting Komentar