Jumat, 22 April 2016

Mengenal Jenis-jenis Batik Berdasar Cara Pembuatannya


Batik Indonesia telah banyak dikenal oleh seluruh masyarakat di dunia. Apalagi setelah beberapa saat yang lalu, Batik dikukuhkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia. Sejak itu pula perhatian dunia tertuju pada berbagai jenis batik dalam beragam corak dan motifnya.

Di jaman nenek moyang dulu, batik hanya dibuat dengan cara manual yaitu dengan melukisnya menggunakan tangan. Namun seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, serta tuntutan kebutuhan industri, perdagangan dan mekanisme pasar, batik Indonesia tak lagi hanya dilukis menggunakan tangan.

Dari cara pembuatannya, jenis-jenis batik terbagi dalam tiga kelompok  yaitu :
  1. Batik tulis. Inilah cara tradisional membuat batik yang masih bertahan hingga saat ini. Batik tulis dibuat pada kain dengan cara membuat hiasan corak dan motif batik dengan menggunakan tangan. Alat yang digunakan berupa canting, dengan bahan berupa malam / sejenis lilin. Karena dibuat secara manual, pembuatan batik tulis ini tergolong lama bisa memakan waktu hingga kurang lebih 2 sampai 3 bulan untuk selembar kain batik. Namun karena nilai orisinalitas dan kesulitannya, jenis batik tulis sangatlah mahal harganya.
  2. Batik cap. Jenis batik cap ini dibentuk melalui metode pengecapan (seperti stempel, biasanya cap terbuat dari tembaga). Corak sudah dibuat pada alat cap, sehingga pembuatannya agak lebih cepat yaitu membutuhkan waktu kurang lebih 2 sampai 3 hari.
  3. Batik printing atau cetak. Jenis ini yang banyak digunakan dalam industri batik, yaitu batik dibuat secara massal menggunakan mesin. Corak batik dirancang melalui komputer dan produksinya dilakukan dengan mesin cetak, dan proses pembuatannya hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja.
Itulah jenis-jenis batik Indonesia yang beredar di pasaran, dimana kini sudah banyak digunakan pula dalam bentuk pakaian, serta beragam produk lainnya. Dan sudah selayaknya kita turut melestarikan batik Indonesia sebagai wujud kebanggaan pada budaya

0 komentar

Posting Komentar