Senin, 25 April 2016

Pilih Asuransi Pendidikan Anak yang Bagus



Memikirkan rencana masa depan buah hati, terutama dalam hal pendidikan adalah kewajiban setiap orang tua. Seiring dengan makin meningkatnya biaya pendidikan, apalagi di sekolah-sekolah unggulan. Banyak upaya dilakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, mulai dari membuka tabungan, mengikuti asuransi pendidikan, hingga menginvestasikan sejumlah dana pada instrumen produk keuangan tertentu. Semua bertujuan agar hasilnya nanti dapat digunakan untuk biaya pendidikan anak.

Diantara cara-cara tersebut, asuransi pendidikan menjadi cara terbaik untuk mempersiapkan dana pendidikan masa depan. Asuransi pendidikan adalah salah satu produk asuransi bertujuan menjamin biaya pendidikan anak hingga anak dapat menyelesaikan pendidikan formalnya . Asuransi  pendidikan terbaik memiliki dua manfaat dasar, yaitu investasi dan proteksi. Investasi bertujuan menghimpun dana sesuai tujuan utama yaitu untuk membiayai pendidikan anak. Sedangkan manfaat proteksi bertujuan memberi perlindungan bebas premi apabila terjadi risiko jiwa pada orang tua, seperti sakit kritis, cacat tetap dan meninggal dunia.

Lalu, bagaimanakah cara memilih asuransi pendidikan yang bagus dan sesuai kebutuhan? Berikut beberapa tips memilih asuransi pendidikan terbaik yang bisa diperhatikan, antara lain :

1. Kenali perusahaan asuransi
Sebelum memutuskan untuk memilih salah satu dari perusahaan yang menawarkan asuransi pendidikan, kenali perusahaan asuransi itu agar Anda mengetahui kualitasnya dan kemudian yakin dengan perusahaan asuransi tersebut. Untuk mendapatkan informasi mengenai perusahaan, Anda bisa mengunjungi situs resmi dan bertanya langsung ke pusat layanan konsumen dari perusahaan asuransi tersebut. Bisa juga bertanya kepada teman atau saudara yang sudah merasakan manfaat dari salah satu perusahaan tersebut.

2. Sesuaikan premi dengan kebutuhan dana pendidikan anak kelak
Sebaiknya Anda tidak memilih premi asuransi yang kecil. Karena laju inflasi di Indonesia telah menyebabkan kenaikan biaya pendidikan yang cukup signifikan. Oleh sebab itu, bila preminya rendah, maka kemungkinan tidak akan dapat mencukupi biaya pendidikan anak yang dibutuhkan untuk masa yang akan datang.

3. Pilih polis asuransi yang fleksibel
Artinya, polis asuransi memungkinkan Anda untuk mengambil nilai tunai kapan saja sesuai kebutuhan pendidikan anak, meskipun hal ini tidak disarankan. Sebab nilainya biasanya tidak sesuai harapan, karena investasi menjadi kurang optimal.

4. Pertimbangkan fasilitas tambahan
Biasanya fasilitas tambahan dalam program asuransi pendidikan yaitu berupa jaminan kesehatan dalam bentuk ganti rugi atas biaya perawatan medis di rumah sakit. Namun Anda juga harus memaklumi jika fasilitas tambahan tentu akan memotong sejumlah porsi dalam premi asuransi pendidikan sehingga perhitungkan agar tujuan utamanya tetap terpenuhi.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan saat memilih asuransi pendidikan terbaik. Dan pastikan juga bahwa pilihan Anda tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial Anda.

0 komentar

Posting Komentar