Rabu, 27 April 2016

Praktis dan Unik, Cara Memakai Kain Batik Jarik Modern


Dulu, mungkin banyak yang beranggapan bahwa memakai kain batik berbentuk jarik adalah ribet dan kuno. Namun kini, memakai kain batik jarik sudah menjadi salah satu tren fashion yang memberi tampilan menarik dan modern. Memakai kain batik pun sangat mudah, sesuai dengan gaya hidup perempuan modern yang memiliki segudang aktivitas.

Berdasar info dari berbagai situs, berikut langkah-langkah membuat beragam variasi model jarik, yang membuat tampilan nampak lebih modis. Antara lain bagaimana cara memakai kain batik yang berukuran kurang lebih 2 hingga 3 meter secara praktis dalam waktu singkat.

Cara pertama, dengan memasukkan kaki pada kain batik jarik dengan model sarung. Posisi badan di tengah, lalu kain ditarik dari samping kanan dan kiri. Setelah itu kain dikencangkan, kemudian kedua ujungnya dipertemukan di tengah, ikat dengan model simpul mati. Tumpal bisa diposisikan di depan ala jarik Madura atau bisa juga di belakang ala encim Betawi. Namun bila tak ingin menonjolkan tumpal, cara lain yaitu dengan menyembunyikannya di bagian dalam, sehingga tertutupi semacam plooi yang dipertemukan di bagian tengah depan.

Cara kedua, bisa juga memakai kain batik panjang yang dibentangkan di bagian belakang badan. Satu sisi ditarik lebih panjang kemudian dibalutkan hingga sisa kain terletak di samping depan. Bisa juga dengan sedikit diberi plooi untuk variasi agar lebih cantik. Selama melilitkan kain, perhatikan pula kesesuaian ukuran pinggang agar dapat bergerak lebih bebas, yaitu saat membalut kain kaki kanan posisinya lebih maju dari kaki kiri.

Cara berikutnya yaitu jarik juga bisa dibentuk menyerupai celana aladin. Untuk model ini, jenis-jenis batik yang tepat untuk digunakan adalah kain berbahan sutera dan sejenisnya. Model ini cocok bagi anak muda yang suka naik motor. Caranya, kain dibentangkan di depan badan, tarik kedua ujungnya ke belakang tengah, lalu ikat dengan model simpul. Tarik kedua ujung bawah kain masuk di antara kaki lalu arahkan ke pinggang dan ikat kedua ujung itu di badan bagian depan sehingga membentuk celana. Agar lebih mudah, gunakan ring atau gesper untuk mengencangkan simpul ikatan. Bisa juga menggunakan pita meteran atau tali popok sebagai sabuk agar tetap kencang.

Itulah beberapa cara memakai kain batik jarik yang praktis dan modern. Mungkin awalnya memang agak ribet, namun bila sudah terbiasa akan menyenangkan. Selamat mencoba!

0 komentar

Posting Komentar