Jumat, 27 Mei 2016

Apartemen Jakarta Barat, Tren Hunian Masa Depan


Makin bertumbuhnya apartemen di sejumlah kota besar di lapis kedua Indonesia menunjukkan adanya percepatan dalam pembangunan properti. Hal ini juga menandakan semakin tingginya minat masyarakat terhadap hunian vertikal seperti apartemen ini seiring dengan makin terbatasnya lahan di perkotaan.

Seorang pakar properti mengungkapkan hasil risetnya bahwa dalam tiga hingga empat tahun mendatang, pembangunan apartemen baru di wilayah pinggiran kota Jakarta akan semakin tinggi, terutama apartemen yang menyasar di masyarakat kelas menengah dan menegah ke bawah. Indikasinya sudah terlihat salah satunya yaitu dengan dibangunnya hunian di Jakarta Barat Palm Regency, yang lokasi sebenarnya sudah termasuk di wilayah Tangerang.

Tren tersebut disebabkan oleh semakin mahalnya harga tanah di kota Jakarta, sehingga pengembang lebih cenderung membangun hunian vertikal berada di kota-kota satelit, seperti Bogor, Depok, Tangerang, atau Bekasi. Kebutuhan terhadap hunian sekaligus pemenuhan gaya hidup tinggal di apartemen yang dekat dengan tempat bekerja, secara alami makin meningkatkan permintaan terhadap apartemen.

Karena itulah, daya saing hunian apartemen terhadap jenis rumah tapak ditentukan oleh tingkat harga yang lebih rendah. Hal ini berimbas pada harga apartemen, dimana tingginya harga apartemen di kota Jakarta juga menyebabkan permintaan di wilayah penyangganya menjadi semakin tinggi. Selain itu, fenomena tersebut juga menjadikan tingkat pertumbuhan apartemen mulai bergerak lebih cepat, yang artinya gaya hidup tinggal di apartemen Jakarta Barat ini akan menjadi tren baru hunian masa depan.

0 komentar

Posting Komentar