Senin, 02 Mei 2016

Belajar Membuat Motif Batik Sederhana



Sebenarnya, membuat batik tidaklah semudah yang sering dilihat, dan bahkan tidak semua orang bisa melakukannya. Perlu keseriusan dan ketekunan dalam membuatnya, bahkan untuk motif paling sederhana sekalipun.

Membatik adalah salah satu teknik melukis pada kain. Melukis batik terbilang unik karena menggunakan alat khusus yang bernama canting, serta menggunakan malam atau lilin sebagai tinta batik. Cara membatik terbilang unik, sama uniknya dengan cara memakai kain batik. Tehnik pembuatan batik dilakukan dengan cara memberi titik-titik pada kain tersebut hingga membentuk suatu pola.

Itulah cara membuat batik tulis, salah satu teknik pembuatan batik asli tradisional yang masih bertahan diantara banyak jenis-jenis batik yang ada saat ini. Pada prinsipnya proses pembuatan batik tulis dibuat secara manual dengan menggunakan tangan dan canting sebagai alat atau media untuk melukis atau membatik. Dan sebelum membatik, terlebih dahulu diperlukan sketsa atau motif gambar batik.

Sedangkan teknik membatik yang agak lebih modern berkutnya adalah dengan tehnik batik cap.  Teknik ini hampir sama dengan pembuatan batik tulis, yaitu sama-sama membutuhkan sketsa pola gambar batik. Adapun perbedaannya adalah sketsa gambar batik ini tidak dilekatkan pada kain dengan menggunakan canting, melainkan dengan menggunakan stempel atau cap sebagai media pencetaknya. Dan teknik yang paling modern adalah jenis batik printing, dimana pembuatan pola batik dan pencetakannya di atas kain telah diatur dengan menggunakan mesin yang dioperasikan melalui perangkat komputer.

Gambar berikut adalah motif batik sederhana yang bisa digunakan untuk belajar membuat batik pada selembar kain. Tentunya, selain kain Anda memerlukan alat-alat seperti canting, gawangan, wajan kecil, serta kompor. Sedangkan bahan yang dibutuhkan adalah malam atau lilin dan bahan pewarna. Setelah alat dan bahan tersedia, barulah Anda bisa mencoba membuat pola motif batik dan kemudian melukiskannya di atas kain. Itulah cara membuat kain batik dengan motif bagik sederhana.

0 komentar

Posting Komentar