Selasa, 03 Mei 2016

Inilah Beberapa Pengertian Batik Menurut Para Ahli



Mungkin setiap hari kita mengenal kain batik yang indah saat dikenakan. Namun jarang dari kita yang tahu, apa sebenarnya pengertian batik itu sendiri, selain karya seni lukis pada kain yang menggambarkan motif tertentu yang dibuat dengan menggunakan alat khusus, yaitu canting. Lalu, bagaimana sebenarnya pendapat para ahli dalam mendefinisikan batik itu sendiri?

Situs ensiklopedia online Wikipedia memberi pengertian batik yaitu : Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Iwan Tirta, yang memiliki nama lengkap Nusjirwan Tirtaamidjaja ini dikenal sebagai tokoh yang ahli dalam mengembangkan batik mulai dari motif batik sederhana hingga kontemporer. Bahkan beliau juga berkiprah banyak pada batik ini, mulai dari pendidikan batik, mengembangkan filsafat batik Indonesia, melakukan penelitian hingga mempromosikannya ke mancanegara,. Dalam pandangannya, pengertian Batik adalah teknik menghias kain atau testil dengan menggunakan lilin dalam proses pencelupan warna, yang semua proses tersebut menggunakan tangan.

Ada pula pakar batik lain, yaitu Santosa Doellah sang pendiri “Batik Danar Hadi” yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Pengertian Batik menurut beliau yaitu sehelai kain yang dibuat secara tradisional dan terutama juga digunakan dalam matra tradisional, memiliki beragam corak hias dan pola tertentu yang pembuatannya menggunakan teknik celup rintang dengan lilin batik sebagai bahan perintang warna. Maka, suatu kain dapat disebut batik apabila mengandung dua unsur pokok, yaitu menggunakan teknik celup rintang dengan menggunakan lilin sebagai perintang warna serta memakai pola yang beragam hias yang khas “batik”.

Artinya, pengertian batik tersebut tak lagi terbatas hanya pada produk yang dibuat dengan menggunakan tangan, namun pemakaian teknologi mesin juga termasuk dalam perkembangan teknik membuat batik itu sendiri. Sehingga saat ini dikenal pula jenis-jenis batik selain batik tulis, yaitu batik cap dan batik printing.

Itulah beberapa pengertian batik menurut para ahli. Semoga informasi ini bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar