Selasa, 19 Juli 2016

Tabungan Investasi, Cara Pintar Manajemen Finansial


Sebenarnya, menabung adalah sebuah cara konvensional untuk memiliki dana cadangan. Dan di jaman modern ini, tabungan merupakan wujud instrumen finansial dengan beragam kombinasi bentuk. Ada yang dikombinasi dengan manfaat asuransi, ada pula yang digabung dengan manfaat investasi. Padahal pada dasarnya, tabungan, asuransi dan investasi merupakan produk finansial dengan fungsi dan manfaat yang berbeda.

Tabungan merupakan instrumen finansial yang berfungsi untuk mengumpulkan sejumlah uang dengan mekanisme setoran. Tidak ada ketentuan jumlah setoran yang tetap, dan dana bisa diambil sewaktu-waktu. Biasanya ada pemberlakuan bunga sebagai jasa atas tabungan, ada pula biaya administrasi untuk membayar jasa pengelolaan dana tersebut. Tabungan bisa dilakukan melalui lembaga-lembaga finansial seperti bank, koperasi dan lain sebagainya.

Adapun asuransi merupakan suatu instrumen finansial yang berfungsi untuk memberi proteksi atas risiko di masa depan. Ada sejumlah setoran dana yang sudah disepakati dan dilakukan secara berkala. Keuntungan hasil asuransi hanya bisa didapatkan setelah masa perjanjian berakhir, atau bila pemilik asuransi mengalami risiko.

Sedangkan investasi adalah instrumen finansial yang digunakan untuk mengumpulkan dana dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu ada semacam akad atau perjanjian karena pengambilan dana tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu. Hasil investasi didasarkan pada keuntungan yang diperoleh dari penggunaan dana tersebut untuk suatu usaha atau bisnis di bidang tertentu.

Dan kini, salah satu produk gabungan adalah Investra Link yang merupakan kombinasi antara tabungan, asuransi dan investasi. Produk mengambil ragam manfaat dari ketiganya dan disatukan dalam sebuah instrumen tabungan investasi keluarga. Dengan ketiga manfaat tersebut, diharapkan akan memberi keuntungan lebih karena hasil investasi lebih maksimal, sementara peserta juga terlindung dari risiko dalam kehidupan.

0 komentar

Posting Komentar