Senin, 29 Agustus 2016

Apa Itu Batik Indonesia ?

Apa Itu Batik Indonesia ?

Apa Itu Batik Indonesia ?

Seperti judul di atas apasih sebenarnya batik indonesia itu? Pada artikel kita kali ini kita akan membahas sedikit tentang apa itu batik indonesia. Batik indonesia adalah tulisan atau gambaran yang bisa di letakkan pada kain amupun sesuatu tempat yang memiliki corak dan warna, batik indonesia ini merupakan warisan budaya asli dari Indonesia. Di website Batik Indonesia Indonesia sendiri terdapat ratusan jenis corak batik, biasnya tiap daerah memiliki corak masing masing. Dan khasnya lagi batik ini di lukis secara manual di jaman dahulu menggunakan alat yang di sebut chanting, dan bahannya adalah lilin atau malam yang di lelehkan. 

Di era yang sudah moderen ini sekarang batik telah di kembangkan dan memiliki banyak sekali corak dan warna, bahkan sudah banyak yang melukis batik menggunkan cap dan bukan lagi chanting seperti jaman dahulu. Namun tetap tidak meninggalkan ciri khas dari batik itu sendiri terutama motif dan goresan serta lekukannya. Bahkan sekarang telah hadir motif batik yang di kombinasikan dengan logo logo tim sepak bola yang pastinya membuat batik ini semakin keren bila di kenakan oleh anak muda di Indonesia khsusnya. 

Batik merupakan warisan dari nenek moyang kita sudah sepantasnya jika kita sebagai anak cucunya wajib melestarikannya. Terlebih semakin di makan usia semakin sedikit pula pengrajin batik di Indonesia. Namun kita perlu memberi reword khusus bagi bapak presiden kita saat ini yang sangat menggencarkan kebudayaan Indonesia di mata dunia khususnya batik ini. Sering beliau ketika berkunjung ke luar negri mengenakan batik khas dari negara kita tersebut. Alangkah baiknya apabila kita sbegai anak muda juga ikut campur dalam membudayakan batik di lingkungan kita. Apalagi sekarang pemerintah sudah membuat hari batik nasional yang di mana warganya di anjurkan mengenakan batik dalam kesehariannya terutama dalam bekerja.
Selain batik di gunakan sebagai pakaian batik juga sekarang sudah berkembang menjadi berbagai kerjinan seperti anyaman, vas bunga, bingkai foto dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga kita dapat lebih mencintai warisan budaya nenek moyang kita tersebut. 


0 komentar

Posting Komentar