Jumat, 19 Agustus 2016

Indahnya Batik Indonesia, Cermin Keagungan Budaya Bangsa

Akhir-akhir ini, Indonesia makin bersemangat untuk terus mempromosikan batik sebagai salah satu produk warisan budaya. Setelah diakui secara resmi oleh UNESCO sebagai bagian dari Organisasi Sedunia atau PBB, batik makin digemari oleh banyak orang. Baik di tataran lokal maupun internasional.

Pada dasarnya, hampir semua daerah di Indonesia memiliki ragam jenis batik andalan. Batik merupakan salah satu contoh karya seni terapan di Nusantara. Tak heran, batik Indonesia menjadi berkembang, banyak disukai oleh masyarakat di berbagai lapisan usia.

Dari segi cara pembuatannya pun, terjadi banyak pergeseran. Jika dulu orang mengenal batik hanyalah berupa hasil karya lukis tangan para pengrajin batik, kini banyak industri kain batik yang membuat batik dengan cara dicap atau diprint.

Maka, bukan sesuatu hal yang aneh bila Batik Indonesia sempat menjadi trending topik di kalangan masyarakat. Berbagai orang di segala umur, baik anak-anak, remaja maupun dewasa makin bangga menggunakan pakaian batik. Ada pergeseran, dimana dulu yang menggunakan batik hanyalah mereka yang sudah tua, desain modern batik saat ini sudah banyak dijumpai dan digemari oleh anak-anak,remaja dan dewasa.

Meski secara definisi seni membatik adalah sebuah warisan budaya leluhur yang dilestarikan secara turun-temurun hingga sekarang ini.  Namun jenis batik cap atau diprint sekalipun tetap menunjukkan jati diri bangsa yang menghormati sekaligus mau melestarikan karya budaya nenek moyang yang berupa batik Indonesia.

0 komentar

Posting Komentar