Senin, 15 Agustus 2016

Kemunculan Daihatsu Sigra Sudah Dinanti Oleh Keluarga Indonesia



Pasar mobil LCGC (Low Cost Green Car) makin semarak dengan kehadiran produk baru dari Daihatsu. Ya, itulah Astra Daihatsu Sigra yang siap merambah pasar mobil tanah air di segmen MPV. Mobil ini merupakan hasil kolaborasi ke-4 antara dua brand besar otomotif dunia, yaitu Toyota dan Daihatsu.

Setelah sukses dengan produk-produk “kembaran” yaitu Avanza-Xenia, Rush-Terios dan Agya-Ayla, kemudian muncul pula Calya-Sigra. Mobil ini termasuk dalam program LCGC di segmen mobil MPV. Dan nampaknya, belum banyak pesaing di segmen ini, kecuali Datsun yang telah lebih dahulu meluncurkan MPV LCGC yaitu Datsun Go+ Panca.

Ya, hanya Datsun lah yang memiliki mobil LCGC berjenis MPV dengan kapasitas penumpang 7 orang. Dan bila melihat spesifikasi lengkap Daihatsu Sigra, nampaknya mobil ini akan menjadi pesaing berat bagi Datsun. Mulai dari dimensi bodi, Daihatsu Sigra dengan panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm dan sumbu roda sejauh 2.525 mm, memberi ruang yang lebih lapang bagi penumpangnya.

Adapun mesinnya, Astra Daihatsu Sigra tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni 1 KR-VE DOHC, VVT-i dengan kapasitas 1.0 L, 3-silinder, mampu menghasilkan tenaga hingga 67 PS dan melontarkan momen puntir 87 Nm serta depot tenaga.  Yang kedua, mesin berkode 3 NR-VE DOHC, Dual VVT-i berkekuatan 1.2 L, dengan 4-silinder. Untuk performa, Daihatsu Sigra mampu menghasilkan daya 88 PS serta torsi maksimum 105 Nm. Secara angka, spesifikasi Daihatsu Sigra jelas masih lebih dibanding kompetitornya tersebut, dimana Datsun Go+ hanya mampu menghasilkan tenaga 68 PS dan torsi 104 Nm.

Kehandalan mesin baru salah satu dari keunggulan mobil baru Daihatsu Sigra ini. Yang pasti, kehadirannya sudah banyak dinanti oleh para keluarga Indonesia yang mendambakan mobil murah ramah lingkungan yang irit bertenaga.

0 komentar

Posting Komentar