Selasa, 11 Februari 2020

Menjaga Aki Dalam Kondisi Baik Sebelum Harus Menempuh Cara Memperbaiki Aki Kering


Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Pepatah tadi berlaku untuk berbagai hal mulai dari tubuh manusia hingga barang apapun. Pada kasus kendaraan bermotor dalam hal ini mobil, memang Anda perlu melakukan langkah-langkah pencegahan kerusakan sebelum terjadi masalah yang besar pada mobil. Langkah pencegahan ini bisa dilakukan dengan melakukan pemeliharaan secara rutin maupun dengan melakukan tata cara penggunaan yang benar sesuai dengan petunjuk yang ada. Apalagi untuk mobil yang memang membutuhkan perawatan yang ekstra teliti.

Tips Menjaga Kondisi Aki Agar Tak Perlu Menempuh Cara Memperbaiki Aki Kering Sendiri

Anda bisa mencegah munculnya permasalahan mesin maupun komponen pada mobil dengan melakukan langkah-langkah yang tepat. Apabila Anda mampu merawat mobil dengan baik maka berbagai kerusakan dapat dicegah sebelumnya untuk memastikan keamanan berkendara Anda. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat aki mobil lebih awet:

-          Membiasakan untuk memanaskan kendaraan sebelum digunakan
Sebelum menggunakan kendaraan biasakan untuk memanaskan mesinnya untuk beberapa menit. Jangan langsung menyalakan kendaraan dan menggunakannya begitu saja. Jika dilakukan secara terus-menerus bukan tidak mungkin aki akan lebih mudah soak dan perlu penggantian.

-          Tetap panaskan kendaraan walaupun tidak digunakan untuk bepergian
Jangan sampai Anda membiarkan kendaraan mati total dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut bisa membuat aki kendaraan menjadi soal sehingga mesin bahkan mati total dan tidak mau menyala sama sekali.

-          Mengecek kondisi aki secara rutin
Anda perlu mengecek kondisi aki secara berkala untuk memastikan keadaannya. Hal-hal yang perlu dicek meliputi terminal aki hingga jumlah elektrolit aki. Anda pun bisa mengetes kualitas aki dengan menggunakan sebuah alat khusus.

Ketika Anda membeli sebuah mobil maka pastikan mobil tersebut menawarkan spesifikasi yang unggul dengan kenyamanan maksimal. Daihatsu Xenia misalnya, menawarkan kenyamanan paripurna dengan harga terjangkau. Mobil baru pun perlu tetap dijaga kondisi akinya agar tetap baik. Lakukan servis secara rutin ke bengkel resmi guna memastikan semua aman terkendali.


0 komentar

Posting Komentar