Selasa, 11 Februari 2020

Wiper Mobil Daihatsu


Musim hujan sebentar lagi akan datang. Musim hujan bagi sebagian orang akan memberikan permasalahan tersendiri. Misalnya bagi pengguna mobil. Pada musim hujan, pengguna mobil akan membutuhkan wiper. Wiper mobil merupakan salah satu komponen pada mobil yang berfungsi sebagai pembersih kaca sehingga pandangan tetap jelas. Pengguna mobil akan mengalami kesulitan jika kondisi wiper sudah tidak layak dan justru akan membuat pandangan menjadi tidak jelas. Merawat wiper mungkin bukan sesuatu yang sulit. Wiper yang telah menipis dan getas dilihat dari permukaan maka sebuah indikasi yang mengharuskan pengguna untuk segera mengganti whisper. Indikasi wiper harus diganti yaitu tanda bintik-bintik atau garis-garis yang tertinggal di kaca.

Ukuran Wiper

Wiper mobil memiliki ukuran yang berbeda. Antara wiper kanan dan wiper kiri masing-masing memiliki ukuran yang tidak sama. Misalnya yaitu wiper pada mobil Daihatsu Xenia. Ukuran wiper pada sebelah kanan sebesar 20 inci sedangkan untuk wiper bagian kiri ukurannya sebesar 16 inci. Ukuran ini tentunya didesain dengan tujuan tertentu dan memiliki manfaat masing-masing. Ukuran wiper yang berbeda ini membantu pengguna dalam memaksimalkan wiper untuk membersihkan kaca bagian wiper yang kotor ketika musim hujan telah tiba. Musim hujan berdampak pada penglihatan yang semakin menurun sehingga dibutuhkan wiper yang bekerja dengan baik untuk membersihkan kaca mobil.

Fungsi dan Cara Kerja Wiper

Berbicara mengenai fungsi dan cara kerja wiper mobil, tentunya tak hanya dibutuhkan saat musim hujan datang. Sebenarnya fungsi dari wiper ini dapat membersihkan semacam debu, kotoran, binatang kecil, dan juga minyak. Wiper biasanya dipasang di bagian depan dan bagian belakang mobil. Mobil yang tidak dilengkapi dengan wiper akan sangat repot. Terlebih pada musim hujan. Cara kerja dari wiper ini yaitu bergeraknya komponen yang bernama blade yang berbahan karet yang dapat menyapu atau mengusap kaca yang kotor diakibatkan oleh air hujan, debu, minyak atau binatang-binatang kecil yang menempel pada kaca. Sistem kerja tersebut didukung oleh sumber tenaga putar yang dihasilkan dari tenaga listrik.


0 komentar

Posting Komentar