Selasa, 05 Mei 2020

Komponen Aki pada SUV Terbaik



Akumulator atau aki merupakan salah satu komponen penting yang berpengaruh dalam sistem pengoperasian kendaraan bermesin termasuk mobil SUV terbaik. Aki adalah komponen yang bertugas menyimpan serta menyalurkan daya listrik saat mobil atau kendaraan bermotor distarter atau dihidupkan. Artinya, apabila komponen aki tidak bekerja dengan sebagaimana mestinya, maka mobil dan kendaraan bermotor yang lain akan kesulitan untuk menjalankan fungsinya.

Usia Pakai Aki SUV

Setiap komponen yang ada di dalam kendaraan bermotor yang mengandalkan mesin termasuk mobil SUV terbaik memiliki usia pakai. Komponen aki yang digunakan pada mobil juga memiliki usia pakai rata-rata. Usia pakai aki pada kendaraan bermotor kurang lebih hanya 1 hingga 2 tahun saja, baik aki kering maupun aki basah. Namun, kisaran usia tersebut adalah kisaran usia rata-rata apabila kendaraan dipakai dengan normal dan kondisi mobil juga normal. Usia aki dapat menjadi lebih pendek apabila beban listrik pada mobil berlebihan karena pemasangan aksesoris yang berlebihan. 

Selain itu, usia aki juga dapat menjadi lebih pendek apabila pemilik kendaraan lalai dalam menggunakan serta merawat aki. Kelalaian dalam merawat serta menggunakan aki salah satunya adalah sering membiarkan cairan pada aki basah dalam volume yang kurang atau bahkan hingga kering. Kelalaian perawatan semacam ini akan menyebabkan sel-sel di dalam aki menjadi rusak. Agar tidak lupa kapan harus mengganti aki, saat melakukan penggantian aki sebaiknya cek tanggal produksi sebelum membeli aki. Setelah memasang aki, sebaiknya beri tanggal penggantian agar Anda dapat mengecek usia aki dengan lebih mudah. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan kapan harus mengganti aki kendaraan bermotor Anda sekaligus mencegah terjadinya hal tak diinginkan seperti kendaraan mogok di jalan.

Mengganti aki dapat dilakukan di bengkel termasuk bengkel resmi. Selain itu, Anda juga dapat memperbaiki kondisi mobil SUV terbaik Anda sehingga performanya tetap baik dan tetap nyaman digunakan untuk melintasi berbagai medan baik jalanan beraspal yang halus maupun jalanan berbatu yang tidak rata.

0 komentar

Posting Komentar