Kamis, 25 Juni 2020

Pengertian dan Hakikat Qurban


Kata qurban berasal dari Bahasa Arab yang artinya dekat. Ini sebab tujuan dijalankannya kurban yaitu untuk mendekatkan diri terhadap Allah SWT dengan metode menjalankan beberapa instruksinya. Dengan kata lain, kurban berarti menyembelih binatang pada Hari Raya Haji atau Idul Adha dan tiga hari tasyrik (11, 12 dan 13 Dzulhijjah) dengan tujuan beribadah terhadap Allah SWT. Untuk menjalankan ibadah kurban, diperlukan binatang kurban yang berupa binatang ternak. Binatang ternak yang bisa dibuat binatang kurban berjenis seperti kambing, domba, unta, sapi ataupun kerbau. Sebagai salah satu binatang ternak yang bisa diaplikasikan untuk kurban, sapi bisa didapatkan dari berbagai daerah yang jual sapi kurban.

Hakikat Kurban

Dalam dimensi vertikal, kurban yaitu format ibadah yang dikerjakan untuk mendekatkan diri terhadap Allah SWT sehingga sebagai hamba, kita dapat menerima keridhaan-Nya. Selain bisa menjalin relasi vertikal dengan Allah SWT, menjalankan kurban juga bisa membuat orang menjalin relasi horizontal atau relasi sosial dengan orang lain. Sama halnya seperti zakat fitrah yang membawa kabar yang menggembirakan untuk fakir miskin pada Hari Raya Idul Fitri, berkurban juga dikerjakan supaya bisa menggembirakan fakir miskin pada Hari Raya Idul Adha. Sebab itulah ada tata tertib yang menceritakan perihal pembagian daging kurban supaya daging kurban bisa dibagikan terhadap orang-orang yang memerlukan seperti fakir miskin. Dengan kata lain, cara kerja ibadah kurban bisa dikerjakan untuk menjalin relasi antara hamba dengan Allah SWT sekalian untuk menjalin relasi antar sesama manusia atau relasi sosial. Di antara berbagai binatang ternak yang bisa dibuat sebagai binatang kurban, sapi yaitu salah satunya yang bisa didapatkan dengan gampang di tempat jual sapi kurban.

Untuk menjalankan ibadah kurban memang memerlukan banyak usaha. Lebih-lebih jikalau Anda bukanlah seseorang yang berlebih secara materi. Tapi, Anda tak perlu kuatir sebab dikala ini Anda dapat berkurban dengan cara tabungan di Akadbaiq. Dari daerah jual sapi kurban hal yang demikian, Anda dapat menerima binatang kurban berkualitas tanpa merasa berat sebab bisa ditabung dari jauh hari.


0 komentar

Posting Komentar