Kamis, 25 Juni 2020

Persyaratan dan Kriteria Binatang yang Resmi untuk Kurban


Sapi merupakan binatang yang acap kali dibuat binatang kurban di Indonesia. Sebab itulah mencari sapi untuk dikurbankan bisa dijalankan dengan gampang. Ada banyak tempat yang jual sapi kurban yang bisa dikunjungi sebelum menjalankan ibadah kurban. Tentunya, Anda wajib memilih sapi atau binatang ternak lain yang akan dikorbankan dengan bagus. Ini sebab binatang ternak yang bisa dikurbankan wajib memenuhi prasyarat tertentu.

Kriteria Binatang Ternak untuk Kurban

Ulama sudah setuju bahwa segala binatang ternak boleh untuk kurban padahal masih ada perbedaan anggapan perihal keutamaannya. Imam Malik beranggapan bahwa domba atau kambing lebih utama diperbandingkan sapi lalu unta. Sebaliknya, Imam Syafi’i beranggapan bahwa unta merupakan binatang yang paling utama untuk dibuat binatang kurban kemudian disusul oleh sapi lalu kambing. Kriteria binatang ternak yang bisa dibuat binatang kurban berbagai-ragam yang diamati dari ciri-ciri jasmani yang sehat serta tak cacat sampai umurnya yang sudah mencukupi. Umpamanya untuk domba atau dha’n setidaknya wajib berusia satu tahun lebih atau telah berganti giginya baru dapat dibuat binatang kurban.

Untuk kambing kacang atau ma’z, minimal wajib berumur dua tahun. Meskipun untuk sapi dari daerah jual sapi kurban, kerbau dan unta, kriteria usia yang wajib dipenuhi lebih tinggi dibanding kambing ataupun domba, adalah 2 tahun lebih untuk sapi atau kerbau, dan 5 tahun atau lebih untuk unta. Kecuali wajib memenuhi persyaratan usia minimal, binatang yang akan dikurbankan juga wajib dalam keadaan sehat serta tak cacat. Binatang ternak yang fisiknya sakit, buta, kakinya pincang serta badannya kurus dan tidak berlemak tak legal dibuat binatang kurban. Binatang yang putus alat pendengar atau ekornya juga tak legal dibuat binatang kurban. Sebaliknya, binatang yang pecah tanduknya dan binatang yang dikebiri masih legal untuk dibuat binatang kurban.

Salah satu tempat jual sapi kurban merupakan Akadbaiq yang memakai cara tabungan dalam membeli binatang kurban. Dengan cara tabungan hal yang demikian, Anda akan merasa lebih ringan ketika akan membeli binatang kurban.


0 komentar

Posting Komentar